Analisis Sistem Yang Sedang Berjalan
Pada Toko Buku Lisurannu kegiatan penjualan buku
yang dilakukan selama ini dilakukan secara langsung tanpa memanfaatkan media
internet. Dengan maraknya pengguna internet seperti sekarang ini memungkinkan
pengguna internet mencari informasi buku dan membeli buku tidak lagi dengan mendatangi
langsung toko buku.
Dari pengamatan penulis pada metode penjualan yang
diterapkan dapat diidentifikasi subjek-subjek permasalahan yang terjadi antara
lain :
a.
Kecenderungan
orang untuk menggunakan fasilitas internet untuk mencari informasi dan membeli
barang yang dibutuhkan khususnya buku serta informasi tentang buku menyebabkan
layanan penjualan langsung menjadi kurang maksimal.
b.
Penyajian
informasi dan penjualan buku pada halaman web lebih memudahkan konsumen dalam
menelusuri kebutuhan buku yang diperlukan.
Dengan
melihat subjek-subjek permasalahan yang ada, dengan metode penjualan buku yang
selama ini diterapkan, belum memberikan hasil yang maksimal, yang menuntut
adanya aplikasi penjualan buku berbasis web untuk menangani
permasalahan-permasalahan tersebut di atas.
Untuk lebih jelasnya prosedur penjualan buku
berbasis web pada Toko Buku Lisurannu dapat dilihat pada Activity Diagram yang sedang berjalan berikut ini :
Tabel 4.1.
Activity Diagram Penjualan Buku ke Pelanggan
Tabel 4.2.
Activity Diagram Pembelian Buku ke Distributor
Tabel 4.3. Activity
Diagram Pelaporan ke Pimpinan
4.2
Sistem Yang Diusulkan
Berdasarkan analisis sistem yang sedang berjalan mengenai
kegiatan penjualan buku pada Toko Buku Lisurannu, maka penulis memberikan suatu
solusi pemecahan masalah dengan sistem aplikasi penjualan buku berbasis web.
Sistem aplikasi penjualan buku berbasis web ini dirancang
sedemikian rupa sehingga memudahkan pihak pengelola dalam memanajemen data-data
penjualan secara online serta kemudahan mendapatkan informasi yang detail
mengenai buku yang dijual pada Toko Buku Lisurannu khususnya bagi masyarakat
umum.
4.3
Perancangan Sistem
4.3.1
Rancangan Sistem Secara Umum
Tujuan dari rancangan sistem secara umum adalah untuk memberikan gambaran
secara umum kepada pemakai tentang sistem yang baru. Rancangan sistem secara
umum merupakan persiapan dari rancangan sistem secara terinci. Pada tahap
rancangan sistem secara umum, komponen-komponen aplikasi dirancang dengan
tujuan untuk dikomunikasikan kepada pemakai.
4.3.1.1 Use Case Diagram
Adapun
use case diagram aplikasi penjualan
buku berbasis web pada Toko Buku Lisurannu yang dirancang adalah sebagai
berikut :
Gambar 4.1 Use Case Diagram Aplikasi Penjualan Buku
Berbasis Web
a. Use
Case Data Induk
Gambar 4.2 Use
Case Diagram Data Induk
b. Use
Case Transaksi Penjualan
Gambar 4.3 Use
Case Diagram Transaksi Penjualan
c. Use
Case Transaksi Pembelian
Gambar 4.4 Use Case Diagram Transaksi Pembelian
d.
Use
Case Pelaporan
Gambar 4.5 Use Case Diagram Pelaporan
Use
Case Diagram di atas
menggambarkan tentang suatu sistem aplikasi penjualan buku berbasis web, dalam
hal ini sistem aplikasi penjualan buku dengan suatu arus data yang saling
berhubungan antara pelanggan, staff penjualan, distributor buku dan pimpinan,
sehingga data/informasi yang dihasilkan dapat digunakan untuk melakukan proses
pengolahan data yang dibutuhkan untuk pembuatan laporan-laporan rutin.
Penjelasan rinci mengenai use case di atas
adalah sebagai berikut :
1. Use
Case Data Induk
Nama
Use Case : Data Induk
Aktor : Pelanggan, Staf Penjualan
Deskripsi : - Staff
penjualan membuka halaman kategori buku, pada halaman ini staf penjualan dapat
melakukan penginputan data kategori buku, penghapusan dan pengeditan data.
- Staff penjualan membuka halaman barang,
pada halaman ini staff penjualan menginput data buku berdasarkan kategori,
dapat juga dilakukan pengeditan dan penghapusan.
- Pelanggan memasukkan identitas diri pada
halaman registrasi member sebelum dapat melakukan transaksi pembelian buku.
2. Use
Case Transaksi Penjualan
Nama
Use Case : Transaksi Penjualan
Aktor : Pelanggan, Staf Penjualan
Deskripsi : - Pelanggan
dalam melakukan transaksi pemesanan barang dapat melakukan dua cara, yaitu
memesan barang terlebih dahulu kemudian login atau login terlebih dahulu
kemudian melakukan pemesanan.
- Pelanggan melakukan konfirmasi pemesanan
sebelum mengakhir transaksi pemesanan atau logout.
- Pelanggan
setelah melakukan konfirmasi pemesanan secara otomatis pemesanan tercatat yang
nantinya dapat diakses oleh staff penjualan pada halaman administrator.
- Pelanggan melakukan konfirmasi pembayaran
atas pesanan buku yang telah dilakukan.
- Staff penjualan melakukan pengecekan atas
data konfimasi pembayaran pelanggan, jika data valid maka status pemesanan akan
diproses, dan barang akan dikirim ke pelanggan.
3. Use
Case Transaksi Pembelian
Nama
Use Case : Transaksi Pembelian
Aktor : Staf Penjualan, Distributor
Deskripsi : - Staff
penjualan melakukan pemesanan buku ke distributor buku menggunakan blanko
pemesanan buku.
- Distributor mengirim pesanan buku sesuai
pesanan.
- Staff penjualan menginput data transaksi
pembelian buku dari distributor melalui halaman penginputan data pembelian.
4. Use
Case Pelaporan
Nama
Use Case : Pelaporan
Aktor : Staf Penjualan, Pimpinan
Deskripsi : - Staff
penjualan melakukan pencetakan data/laporan transaksi/penjualan barang.
- Staff penjualan melakukan pencetakan data
transaksi pembelian barang.
-
Pimpinan dapat mengakses pelaporan melalui halaman web.
4.3.1.4 Activity Diagram Usulan
Gambar 4.8 Activity
Diagram Sistem yang Diusulkan
4.3.1.2 Sequence Diagram
Gambar 4.7 Sequence Diagram
4.3.1.3 Class Diagram
Gambar 4.6 Class Diagram
4.3.2
Rancangan Output Secara Umum
Output merupakan produk dari sistem informasi
yang dapat dilihat. Output ini dapat berupa hasil yang dikeluarkan di media
keras (kertas dan lain-lain) dan output yang berupa hasil dikeluarkan ke media
lunak (tampilan di layer).
Bentuk atau format dari output dapat berupa
keterangan-keterangan tabel atau grafik. Yang paling banyak dihasilkan adalah
output yang berbentu table akan tetapi sekarang dengan kemampuan teknologi
komputer yang dapat menampilkan output dalam bentuk grafik, maka output berupa
grafik juga mulai banyak dihasilkan.
4.3.3
Rancangan Input Secara Umum
Bila kita berpikir tentang input,
maka kita juga akan berpikir tentang alat input yang digunakan, misalnya
keyboard dan sebagainya. Alat input
ini terdiri atas dua golongan, yaitu : alat input langsung dan alat input tidak
langsung. Alat input langsung merupakan alat input yang langsung dihubungkan
dengan CPU, misalnya : keyboard, lightpen dan sebagainya. Sedangkan alat
input tidak langsung dihubungkan dengan CPU, misalnya : key to card, key to
tape dan key to disk.
Dalam penggunaan alat input, proses dari input dapat melibatkan tiga
tahapan utama, yaitu :
1.
Penangkapan
data (data capture), merupakan proses mencatat kejadian nyata yang terjadi
akibat transaksi yang dilakukan oleh organisasi ke dalam dokumen dasar. Dokumen
dasar ini merupakan bukti transaksi.
2.
Penyiapan data (data preparation), yaitu mengubah data
yang telah di tangkap ke dalam bentuk yang dapat dibaca oleh mesin.
3.
Pemasukan data (data entry), merupakan proses
membacakan atau memasukkan data kedalam komputer.
Untuk tahap desain input secara umum, yang perlu dilakukan adalah
mengidentifikasi terlebih dahulu input-input yang akan didesain secara rinci
tersebut. Langkah-langkah ini adalah sebagai berikut :
1. Menentukan kebutuhan input dari sistem
baru.
Input
yang di rancang dapat ditentukan dari diagram arus data yang telah dibuat.
2.
Menentukan parameter input.
Setelah input-input yang akan
dirancang telah dapat ditentukan, maka parameter selanjutnya juga dapat
ditentukan, parameter ini meliputi :
-
Bentuk dari input.
-
Sumber input.
-
Alat input yang digunakan.
4.3.4
Rancangan Sistem Secara Terinci
Dari penjelasan
pada sub bagian sebelumnya, bahwa rancangan sistem secara umum merupakan
persiapan dari rancangan terinci. Untuk itu akan dijelaskan sebagai
berikut :
4.3.4.1
Rancangan Output Terinci
Sistem informasi penjualan berbasis
web ini memiliki output berupa laporan, baik laporan yang di cetak pada layar
monitor maupun laporan yang dicetak pada printer.
Sebanyak 2 (dua) macam output yang
telah penulis rancang secara terinci. Output ini berupa laporan-laporan yang
dibutuhkan. Adapun output yang akan
dihasilkan oleh sistem yang dibangun ini adalah sebagai berikut :
1.
Halaman Home
Yaitu halaman awal yang memuat
informasi umum mengenai Toko Buku Online Lisurannu.
Gambar
4.9 Tampilan Halaman Home
2.
Halaman Informasi Buku
Gambar 4.10 Tampilan Halaman Informasi Buku
3.
Halaman Konfirmasi Pemesanan Buku
Gambar 4.11 Tampilan Halaman Konfirmasi Pemesanan Buku
4.
Halaman Laporan Penjualan
Gambar 4.12 Tampilan Halaman Laporan Penjualan
5.
Halaman Laporan Pembelian
Gambar 4.13 Tampilan Halaman Laporan Pembelian
4.3.4.2
Rancangan Input Terinci
Rancangan input terinci ini di rancang berdasarkan bentuk dokumen-dokumen
yang digunakan untuk menangkap data input beserta kode-kode yang digunakan.
Secara keseluruhan spesifikasi input untuk
aplikasi ini sangat beragam, disebabkan terdapat beberapa file database yang berbeda. Adapun
bentuk form penginputan data adalah sebagai berikut :
1. Halaman Login Administrator
Gambar 4.14 Halaman
Penginputan Data Buku
2. Halaman Penginputan Buku
Halaman ini merupakan halaman
penginputan data kategori buku yang ada pada Toko Buku Lisurannu.
Gambar 4.15 Halaman Penginputan Data Buku
3.
Halaman Penginputan Data Pelanggan
Gambar 4.16 Halaman
Penginputan Data Pelanggan
4.
Halaman Penginputan Data Pembelian Barang
Gambar 4.17 Halaman
Penginputan Pembelian Barang
4.4
Rancangan Basis Data
4.4.1
Relasi Database
Hubungan entitas
(entity-relationship) merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar
data dalam basis data berdasarkan suatu persepsi bahwa kenyataan yang ada sebenarnya terdiri
dari obyek-obyek tersebut. Model
relasi entitas yang berisi komponen-komponen himpunan entitas dan himpunan
relasi yang masing-masing dilengkapi dengan atribut-atribut yang
mempresentasikan fakta dari ‘dunia nyata’ yang kita tinjau dapat digambarkan
dengan lebih sistematis dengan menggunakan diagram relasi entitas.
Struktur basis data yang dimaksudkan
terdiri dari penjelasan terperinci mengenai setiap field dalam satu data
record. Perinciannya meliputi :
1.
Field Name,
untuk mengidentifikasi nama field.
2.
Data Type,
yang menyatakan tipe data yang dapat disimpan dalam field tersebut.
3.
Field Size,
yang dipakai untuk menentukan daya tampungnya.
4.
Decimal Place,
yang dipakai untuk menentukan jumlah angka dibelakang titik desimal.
5.
Indexed, menyatakan
field yang digunakan sebagai kunci pengurutan data.
Adapun relasi database pada perancangan aplikasi penjualan buku berbasis
Web pada Toko Buku Lisurannu adalah sebagai berikut :
Keterangan
:
-> Primary Key
->> Foreign Key
Gambar 4.18 Relasi Database
4.4.2
Struktur Tabel
Tabel 4.1
Struktur Tabel Data Barang
Field Name
|
DataType
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Kd_barang
|
Varchar
|
5
|
-
|
Y
|
Kode barang
|
Nm_Barang
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Nama barang
|
Kategori
|
Varchar
|
2
|
-
|
-
|
Kategori barang
|
Harga
|
Decimal
|
14
|
2
|
-
|
Harga jual
|
Stock
|
Decimal
|
7
|
2
|
-
|
Stock
|
Deskripsi
|
Text
|
500
|
-
|
-
|
Keterangan
|
Tabel
4.2 Struktur Tabel Pelanggan
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Kd_Pelanggan
|
Varchar
|
5
|
-
|
Y
|
Kode
pelanggan
|
Nm_pelanggan
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Nama
pelanggan
|
Alamat
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Alamat
pelanggan
|
No_telp
|
Varchar
|
16
|
-
|
-
|
No. Telepon
|
Email
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Alamat email
|
Username
|
Varchar
|
20
|
-
|
-
|
User login
|
Password
|
Varchar
|
20
|
-
|
-
|
Password
|
Tabel
4.3 Tabel Data Suplier
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Kd_suplier
|
Varchar
|
3
|
-
|
Y
|
Kode
supplier
|
Nm_suplier
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Nama
supplier
|
Alamat
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Alamat
supplier
|
No_telp
|
Varchar
|
16
|
-
|
-
|
No. telepon
|
No_Fax
|
Varchar
|
16
|
-
|
-
|
No. Fax
|
Email
|
Varchar
|
35
|
-
|
-
|
Alamat email
|
Tabel
4.4 Struktur Tabel Penjualan
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Id_jual
|
Integer
|
7
|
0
|
Y
|
Kode
penjualan
|
Kd_pelanggan
|
Varchar
|
5
|
-
|
Y
|
Kode
pelanggan
|
Tgl_Penjualan
|
Date
|
8
|
-
|
-
|
Tanggal jual
|
Tgl_transfer
|
Date
|
8
|
-
|
-
|
Tanggal
transfer
|
Status
|
Varchar
|
15
|
-
|
-
|
Status bayar
|
Tabel
4.5 Stuktur Tabel Detil Penjualan
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Id_jual
|
Integer
|
7
|
0
|
Y
|
Kode
penjualan
|
Kd_barang
|
Varchar
|
7
|
-
|
Y
|
Kode barang
|
Jumlah
|
Decimal
|
7
|
2
|
-
|
Jumlah jual
|
Harga
|
Decimal
|
14
|
2
|
-
|
Harga jual
|
Potongan
|
Decimal
|
5
|
2
|
-
|
Potongan
harga
|
Tabel
4.6 Struktur Tabel Pembelian
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Id_Beli
|
Integer
|
7
|
0
|
Y
|
Kode
pembelian
|
Kd_suplier
|
Varchar
|
3
|
-
|
Y
|
Kode
supplier
|
Tgl_beli
|
Date
|
8
|
-
|
-
|
Tanggal beli
|
Tgl_jatuh_tempo
|
Date
|
8
|
-
|
-
|
Tempo bayar
|
Status
|
Varchar
|
15
|
-
|
-
|
Status bayar
|
Tabel 4.7
Struktur Tabel Detil Pembelian
Field Name |
Data Type
|
Size
|
Dec
|
Index
|
Ket.
|
Id_beli
|
Integer
|
7
|
0
|
Y
|
Kode
Pembelian
|
Kd_Barang
|
Varchar
|
7
|
-
|
-
|
Kode barang
|
Jumlah
|
Decimal
|
7
|
2
|
-
|
Jumlah beli
|
Harga
|
Decimal
|
14
|
2
|
-
|
Harga beli
|
4.5
Rancangan Teknologi
Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan
mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran dan membantu pengendalian
dari sistem secara keseluruhan. Teknologi terdiri dari tiga bagian utama yaitu
perangkat keras, perangkat lunak dan teknisi.
Untuk tahap desain teknologi secara umum, yang harus dilakukan oleh analis
adalah mengidentifikasi jenis dari teknologi yang dibutuhkan dan jumlahnya yang
diperlukan oleh sistem informasi.
Adapun langkah-langkah tersebut, sebagai berikut:
1. Menentukan jenis teknologi untuk sistem
baru.
Untuk teknologi perangkat keras, analis
sistem harus menentukan terlebih dahulu peralatan apa yang akan digunakan
dimasing-masing proses dalam sistem informasi. Untuk perangkat lunak, analis
sistem dapat menentukan terlebih dahulu jenis dari software sistem.
2.
Menentukan jumlah dari teknologi.
Untuk perangkat keras, jumlah dari teknologi
dapat ditentukan dari waktu yang tersedia dan waktu standar masing-masing
operasi yang akan menggunakan teknologi ini. Untuk perangkat lunak, jumlah dari
teknologi ini dapat ditentukan dari jumlah perangkat keras yang dibutuhkan
permisi gan... boleh saya minta source code sama dbnya ga? buat belajar kalobisa gan... thanks..
BalasHapus